Open Conference Systems, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KIMIA RAFFLESIA 1 (SNPKR-1) TAHUN 2023

Font Size: 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA SMAN 3 KOTA BNGKULU
Yola Dewi Putri, Krisna Dewi, Hermansyah Amir

Last modified: 2023-12-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada materi titrasi asam basa di SMAN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)  yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 2. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes kognitif. Penelitian dikatakan berhasil jika sekurang-kurangnya 27 dari 36 peserta didik mendapat nilai lebih dari 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Data penelitian ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus  1 sebanyak  19 dari 36 peserta didik tuntas,Data penelitian ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus II sebanyak 31 dari 36 peserta didik tuntas. Hal ini berarti indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai pada siklus II. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa menerapkan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik

Full Text: PDF