Open Conference Systems, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KIMIA RAFFLESIA 1 (SNPKR-1) TAHUN 2023

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU
Rarah Sanggita Rolenza, Elvinawati -, Dewi Handayani

Last modified: 2023-12-21

Abstract


Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menentukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pra Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes (pretest dan posttest). Hasil tes (pretest) kelas eksperimen memperoleh data rata-rata yaitu 29 dan hasil tes (posttest) memperoleh rata-rata yaitu 81,33. Dari serangkaian uji statistik hipotesis yang dilakukan pada tes (pretest dan posttest) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa.

Full Text: PDF