Open Conference Systems, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KIMIA RAFFLESIA 1 (SNPKR-1) TAHUN 2023

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA DI SMAN 02 KOTA BENGKULU
Nurhamidah -, Helpi Raini, Dewi Handayani, Arpinaini -

Last modified: 2023-12-21

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi Sel Elektrokimia dikelas XII MIPA D SMAN 02 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sel elektrokimia menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tahapan persiklusnya yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamaatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa kelas XII MIPA D. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Setelah data diperoleh selanjutnya dianalisis dan direfleksi sebagai landasan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus satu rata-rat nilai siswa adalah 80,9 dengan persentasse siswa yangg tuntas adalah 79% atau sebanyak 7 dari 33 peserta didik terjadi peningkatan pada siklus II yaitu rata-rata nilai siswa adalah 84,18 dengan persentase siswa yang tuntas adalah 96,97% atau sebanyak 32 dari 33 peserta didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minum. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai kriteria keberhasilan proses pembelajaran yaitu jika persentase siswa yang tuntas >85%.


Full Text: PDF