Open Conference Systems, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KIMIA RAFFLESIA 1 (SNPKR-1) TAHUN 2023

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMAN 3 KOTA BENGKULU
Kartika -, Hermansyah Amir, Krisna Dewi

Last modified: 2023-12-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan dengan model problem based learning pada materi pokok titrasi asam basa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumen/arsip, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian didapati bahwa aktivitas peserta didik sangat baik dan mengalami peningkatan sebesar 63% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II, sedangkan untuk aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 78% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 76,1 dengan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal sebesar 66,7 % meningkat menjadi 80,27 dengan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 86,1% pada siklus II. Pembelajaran kimia dengan model problem based learning menggunakan media e-modul dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar.

Full Text: PDF