Open Conference Systems, Seminar Nasional ABDIMAS BUMI RAFLESIA I

Font Size: 
Optimalisasi Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Yosi’s Cake and Kitchen
Mujiono Mujiono, Andwini Prasetya

Last modified: 2023-01-10

Abstract


Yosi’s Cake and Kicthen merupakan UMKM Desa Kampung Bogor, Kepahiang yang didirikan seorang pemuda sejak tahun 2018 dan memasarkan sejumlah produknya secara digital melalui WhatsApp dan Facebook berbasis status lini masa serta belum mengelola usahanya dengan baik. Supaya kedua media pemasaran tersebut dapat lebih optimal dan terciptanya tata kelola usaha yang baik maka diperlukan pendekatan. Adapun pendekatan yang dimaksud adalah dengan menggunakan WhatsApp Business dan Facebook Adsense serta Business Model Canvas. Tahap pertama, kegiatan diawali dengan instalasi WhatsApp Business dan pembaharuan katalog produk serta beriklan di Fanpage Facebook. Selama kurun waktu Agustus hingga September 2022, iklan telah menjangkau 9.438 orang dengan rincian 76,8 % perempuan dan 23,2 % laki-laki. Sedangkan tahap kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan Business Model Canvas bersama mitra ke dalam sembilan elemen, diantaranya; (1) segmentasi konsumen: pelajar, rumah tangga, hajatan/pernikahan, komunitas; (2) nilai produk: kekinian, trend, harga terjangkau, rasa enak, produk sesuai selera, fresh, aman; (3) jalur distribusi: WhatsApp Business, iklan Facebook, stiker, status media sosial, market place; (4) hubungan konsumen: layanan via WhatsApp, telfon, transparansi, sesuai permintaan, bonus, diskon harga, respon cepat; (5) aliran pendapatan: kue ulang tahun, kue pengantin, tumpeng, brownies lumer, desert box; (6) sumberdaya kunci: sarana memadai, lokasi strategis, tenaga kerja terampil (7) aktivitas kunci; latihan, promosi, selektif; (8) mitra kunci; ANZ Production, toko bahan, OM Kurir, heuler, petani; (9) struktur biaya; data internet dan bahan percobaan.


Full Text: PDF